Profil Saddil Ramdani yang Menarik Diketahui

profil saddil ramdani

Profil Saddil Ramdani menarik untuk diketahui. Pemain sepak bola asal Indonesia ini kini aktif bermain di Liga Super Malaysia. Pria kelahiran berusia 22 tahun ini lahir di Raha, Sulawesi Tenggara. Pria dengan tinggi 172 cm ini memiliki berat sekitar 64 kg. Kemampuan pemain muda ini dalam mengelola bola tentunya sudah banyak yang mengetahuinya. 

Di usianya yang masih belia, Saddil memiliki beragam pengalaman selama ia berkiprah dalam dunia sepak bola. Mulai dari proses Saddil mengikuti akademi sepak bola, bermain bersama Timnas Indonesia, hingga turut bermain di klub terkenal baik dalam dan luar negeri. Saddil biasanya bermain untuk posisi Gelandang sayap hingga striker di garis depan. 

Akademi Sepak Bola ASIFA, awal Seorang Saddil Ramdani

Minat Saddil dalam dunia sepak bola memang sudah sangat dirasakannya. Saddil bisa bertualang ke berbagai daerah untuk bisa bermain dan belajar mengenai sepak bola. Meski hidup di keluarga yang terbilang kurang dalam segi ekonomi, itu tidak menyurutkan keinginannya untuk bisa mendapat kehidupan di sepak bola. Ia bahkan harus berjualan jambu terlebih dahulu agar mampu membeli sepatu bola.

READ  Profil Egy Maulana Vikri, Si Lionel Messi-nya Indonesia

Saat Saddil berlatih di Kendari, pelatihnya saat itu mengatakan padanya untuk belajar di sekolah sepak bola ASIFA saja di Malang. Karena itu bahkan orang tuanya perlu berhutang agar bisa memberangkatkan Saddil ke Malang. Hingga d itahun 2014 Saddil mengikuti akademi sepak bola milik Aji Santoso, yaitu Akademi ASIFA. Ia belajar banyak dari akademi tersebut hingga bisa menjadi seorang pemain sepak bola profesional seperti sekarang ini.

Permainan Bersama Timnas Indonesia

Dengan kemampuannya yang mumpuni, Saddil mampu membela Timnas Indonesia dalam tiga level sekaligus. Mulai dari Timnas U-19, U-22, hingga Timnas senior di tahun 2018. Kemampuan bermainnya di sisi gelandang mampu membuat berbagai level tim di Timnas membutuhkan bantuannya. Ia turut bermain untuk Timnas U-23 di tahun 2018 di laga bergengsi Asian Games. Lalu untuk Timnas U-19 Ia berlaga untuk Piala AFC U-19 di bulan Oktober.

READ  Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Musim La Liga, Siapa Saja?

Hingga akhirnya di bulan November, Saddil turut bermain bersama timnas senior untuk laga Piala AFF di bulan November. Karir Internasionalnya pun dimulai bersama timnas senior di tahun 2017 kala melawan Myanmar. Dalam pertandingannya bersama Timnas U-23, Saddil mampu memberikan gol saat melawan Tim asal Mongolia serta Filipina di tahun 2017.

Karir Saddil Di Klub Profesional

Profil Saddil Ramdani selanjutnya adalah mengenai perjalanannya bersama klub-klub profesional. Karir profesionalnya dimulai kala ia menandatangani kontrak bersama Persela Lamongan di tahun 2016 silam. Kala itu Ia baru berusia 17 tahun. Pertandingan pertamanya terjadi di Liga 1 di tahun 2017. Dengan 14 kali bermain Saddil mampu membantu memberikan 2 gol untuk Persela. Hingga ditahun selanjutnya Saddil terus berkembang dengan memberikan 2 gol di Liga 1 tahun 2018 bersama Persela.

Dengan bakat serta permainan yang baik, membuat klub asal Malaysia yaitu Pahang FA tertarik dan memberikan kontrak untuk Saddil berkiprah di Malaysia. Tahun 2019 merupakan tahun yang baik untuk Saddil, ia akhirnya bisa mencoba bermain di dalam Liga Super Malaysia. Dengan 21 kali bermain, Saddil mampu menyumbangkan 2 gol untuk Pahang. Dengan tambahan gol dari Saddil, Pahang berhasil mendapat peringkat kedua di tahun 2019.

READ  Pencetak Gol Terbanyak Liga Italia Musim 2020/21

Hingga di tahun 2020 Saddil memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan bermain untuk Bhayangkara FC hingga kini. Meski mendapat banyak ilmu bersama Pahang, Saddil mengatakan bahwa tidak mudah untuk menjadi pemain asing disana sebab banyaknya tekanan yang ia rasakan.

Profil Saddil Ramdani telah selesai diuraikan. Cukup banyak pengalaman yang dimiliki Saddil meskipun usianya masih lah sangat muda. Ia pun merupakan pemain muda Indonesia yang tentunya mampu diandalkan untuk dunia sepak bola Indonesia kelak. Bakat serta pencapaian yang dimilikinya kini tentu tak lepas dari usaha keras serta dukungan dari keluarganya.

You May Also Like

About the Author: Akira Suzuki