5 Kiper Termahal di Dunia, Jadi Rebutan Klub Besar Dunia

kiper termahal di dunia

Dalam dunia persepakbolaan istilah bursa transfer bukanlah hal yang asing lagi. Bursa transfer sendiri merupakan suatu sistem perpindahan dalam sepak bola dimana seorang pemain profesional dari suatu tim pindah ke tim lain dengan masa kontrak yang masih berlaku di tim sebelumnya. Sistem inilah yang melahirkan para kiper termahal di dunia. Tapi, posisi kiper dulunya tidak memiliki tren dengan harga yang tinggi seperti pemain posisi lainnya.

Dulunya hanya pemain posisi penyerang yang terkadang membuat pihak sebuah tim rela mengeluarkan uang sebanyak mungkin untuk mendapatkan pemain yang mereka mau. Namun, di zaman sekarang hal tersebut tidak berlaku lagi. Posisi kiper pun dapat membuat para pihak tim sepak bola rela membayar bayaran tinggi untuk mendapatkannya. Dalam artikel kali ini, terdapat 5 nama kiper termahal di dunia. Nama-nama berikut ini mungkin tidak asing lagi bagi para pecinta sepak bola. Berikut 5 nama kiper termahal di dunia:

1. Jan Oblak – 90 Juta Euro (1,5 Triliun Rupiah)

Di peringkat pertama sebagai kiper termahal di dunia adalah Jan Oblak. Seorang pria kelahiran 7 Januari 1993 ini mulai mengenal dunia sepak bola saat ia masih berumur 6 tahun. Oblak lahir dan besar di negara Slovenia tepatnya di kota pegunungan kuno di Skofja Loka. Latar belakang keluarganya sendiri merupakan olahragawan. Jadi tidak heran jika di dalam darah seorang Jan Oblak sudah mengalir sifat-sifat dasar olaragawan.

READ  Profil Egy Maulana Vikri, Si Lionel Messi-nya Indonesia

Jan Oblak menjadi kiper termahal di dunia berkat kegigihan dan prestasinya yang telah ia ukir selama menjadi kiper. Jan Oblak bahkan dijuluki sebagai Lionel Messi versi posisi kiper oleh pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, tim dimana Jan Oblak berada sekarang ini.

Tercatat Jan Oblak berhasil menahan 636 dari total tembakan 819 yang pernah diarahkan langsung ke gawang yang ia jaga. Bahkan Jan Oblak mempunyai catatan prestasi sebagai kiper dengan angka clean sheet yang memukau dari kiper yang lain. Tidak cuma itu, masih banyak prestasi yang telah diukir oleh Jan Oblak yang membuatnya dapat sukses besar seperti sekarang dengan bayaran termahal senilai 90 juta Euro atau senilai 1,5 Triliun Rupiah.

2. Kepa Arrizabalaga – 80 Juta Euro (1,3 Triliun Rupiah)

Di peringkat kedua sebagai kiper termahal di dunia adalah Kepa Arrizabalaga. Pria berumur 26 tahun ini mencatat berbagai prestasi luar biasa yang membawanya kepada kesuksesannya di usia muda. Berdarah kebangsaan Spanyol, Kepa Arrizabalaga sekarang berada dalam tim Chelsea dan timnas Spanyol memegang posisi kiper.

Salah satu prestasinya yaitu Kepa Arrizabalaga berhasil mencatat sebanyak 31 clean sheet dalam 87 pertandingan serta berhasil memenangkan Liga Eropa pada beberapa musim. Awalnya Kepa Arrizabalaga berasal dari tim Athletic Bilbao sebagai kiper dengan nomor punggung satu. Lalu, entah alasan apa pihak Chelsea menginginkan Kepa Arrizabalaga masuk ke timnya. Bahkan Chelsea rela membayarnya dengan harga yang cukup fantastis yaitu 80 juta Euro atau setara 1,3 Triliun Rupiah pada Agustus 2018.

READ  Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Musim La Liga, Siapa Saja?

Walaupun beberapa yang berkomentar Kepa Arrizabalaga belum memiliki cukup pengalaman, namun itu tidak cukup membuat pihak Chelsea lengah dengan alasan seperti itu. Hingga sekarang Kepa Arrizabalaga menjadi pemain berposisi kiper profesional yang terkenal dengan bayarannya yang mahal.

3. Gianluigi Buffon – 52,88 Juta Euro (916 Miliar Rupiah)

Gianluigi Buffon merupakan pemain kiper profesional berasal dari Italia. Tidak seperti kiper termahal di dunia lainnya yang masih berumur 25-30 tahun, Gianluigi Buffon pada tahun 2021 telah berusia 43 tahun. Bahkan, ia pernah mencatat sejarah karena menjadi kiper dengan bayaran paling mahal dalam sejarah selama 17 tahun lamanya. Pada tahun 2001 Gianluigi Buffon pindah dari klub Parma ke Juventus dengan harga 52,88 juta Euro atau setara dengan 916 Miliar.

4. Ederson – 40 Juta Euro (693 Miliar Rupiah)

Dikenal sebagai kiper dengan permainan bola pada kaki yang lincah serta tangkapan bola yang sigap, Ederson menjadi salah satu kiper termahal di dunia saat ini. Berasal dari Brazil, Ederson sekarang berada dalam klub Liga Premier Manchester City dan timnas Brazil dengan posisi sebagai kiper.

READ  Profil Saddil Ramdani yang Menarik Diketahui

Di usia 27 tahun Ederson telah mencatat prestasi dengan melakukan 62 clean sheet dalam 131 penampilan. Pada tahun 2017 Manchester City berhasil mendatangkan Ederson dari Benfica dengan senilai 40 juta Euro atau setara 693 Miliar Rupiah.

5. David De Gea – 1.5 Juta Pounds/bulan (30 Miliar Rupiah)

David De Gea merupakan seorang kiper profesional yang berasal dari Spanyol dan berada di klub utama Manchester United. Pria berumur 31 tahun ini memulai kehidupan persepakbolaan sejak umur 10 tahun, dengan mengikuti sistem akademi, David De Gea debut senior pada tahun 2009.

Dengan segudang prestasi yang rata-rata diukirnya sekitar tahun 2017-2018 membuat David De Gea menjadi salah satu kiper termahal di dunia sekaligus kiper yang berada di kelas pemain papan atas klub Inggris. Dengan bayaran 1.5 juta Pounds atau setara dengan 30 Miliar Rupiah/ bulan David De Gea telah mendapatkan segudang penghargaan. Salah satu prestasi menakjubkannya adalah memiliki catatan clean sheet paling banyak di Premier League Inggris.Serta prestasi dan penghargaan lainnya yang membuat seorang David dapat menjadi sukses hingga sekarang.

Itulah tadi 5 nama kiper termahal di dunia. Nilai-nilai tersebut tentu tidak mereka dapatkan dengan mudah. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

You May Also Like

About the Author: Akira Suzuki